Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

20 Tahapan Membuat Blog

Posted by Ruly Abdillah Ginting on Monday, November 28, 2011



Membuat blog harus mempunyai perencanaan yang matang agar sejak awal proses pembuatannya dapat menghemat banyak waktu serta untuk ke depannya blog tersebut dapat tetap terurus dan masih exist di jagad internet.

Artikel lama ini bisa dikatakan sebuah diary atau catatan langkah-langkah atau tahapan bagaimana sebuah blog bisa tercipta, sedikitnya terdapat 20 tahapan membuat blog dan ‘rumus’ ini saya jadikan sebagai pengingat jika saya membuat blog sehingga sudah jelas urutannya dan tidak banyak membuang-buang waktu hanya untuk memikirkan “mau ngapain lagi yach?” sehingga waktu banyak terbuang karena terus berpikir tanpa aksi, okelah ini urutannya secara garis besarnya:

1. Niat
Pikirkan dan renungkan terlebih dahulu niat Anda dalam blogging, kenapa Anda harus membuat blog? apakah untuk gaya-gayaan? atau untuk trend sesaat? ingin membentuk image pribadi? sekedar iseng? atau memang ingin menjadi blogger sejati? :) Mantapkan dulu niatnya supaya untuk ke depannya blog yang Anda buat akan selalu exist dan terawat.

2. Tema Isi
Pikirkan tema atau isi blog yang akan Anda buat, apakah blog yang dibuat nanti isinya tentang blog pribadi, bisnis online, hobi dan kegemaran atau lainnya, karena blog yang bagus adalah blog yang membahas dan fokus pada suatu topik tertentu atau dalam bahasa kerennya disebut “niche”.

3. Design
Mulailah membuat konsep atau coret-coretan untuk tampilan yang akan menghiasi blog Anda nantinya, buat design yang rapih dan bersih serta cepat diakses, terang dan tidak norak sehingga pengunjung betah berlama-lama di blog yang Anda buat.

4. Content Management System
Content Management System atau biasa disingkat menjadi cms merupakan bagian tak terpisahkan dari blog, cms merupakan system pengaturan sebuah website yang memudahkan Anda dalam mengatur website atau blog, seperti memasukkan tulisan, gambar dan materi lainnya.

Untuk cms bisa Anda pilih WordPress seperti yang saat ini saya gunakan atau Anda dapat menggunakan cms lainnya seperti Blogspot, Joomla, Drupal, AuraCMS dsb.

5. Hosting
Tentukan hosting, pilih apakah mau gratisan atau berbayar, untuk versi berbayar mempunyai sangat banyak keuntungan dan lebih bebas berkreasi :) Pilih hosting yang bagus termasuk dari sisi pelayanannya.

6. Nama Domain
Tentukan nama domain blog Anda, misalnya www.putraperdhana.com (versi berbayar) atau nama yang berhubungan dengan isi blog yang Anda buat, bisa juga menggunakan blog gratisan sehingga nama domainnya bisa Anda miliki dengan gratis (tapi inget ada syarat dan ketentuan berlaku).

7. Instalasi
Jika hosting yang dipilih merupakan hosting yang berbayar maka uploadlah atau bahasa kerennya unggah :D atau masukkanlah hal-hal yang diperlukan ke hosting seperti cms yang dipilih dan file-file lain. Dalam proses instalasi wajib membuat database dan mengkonfigurasi beberapa file untuk keperluan blog nantinya.

8. Tester
Setelah diinstal dan blog sudah berjalan saatnya untuk mengecek dengan cara memsurfing atau mengunjungi link-link yang ada dalam blog Anda termasuk pada halaman administrator, jika lancar maka lanjutkan tahap berikutnya.

9. Konfigurasi Blog
Setelah blog berjalan kini saatnya untuk melakukan beberapa konfigurasi seperti misalnya mengatur jumlah artikel yang muncul per halaman, mengatur komentar yang masuk, kategori, dan pengaturan lainnya sehingga blog siap untuk digunakan.

10. Instal Design / Theme
Design (atau biasa disebut “theme”) yang telah dibuat bisa langsung dipasang untuk tampilan baru blog yang Anda miliki.

11. Instal Plugin
Segera instal plugin atau komponen-komponen pendukung blog seperti misalnya plugin Akismet untuk menyaring komentar spam yang masuk, XML-Sitemap agar struktur blog mudah dikenali Google dan plugin-plugin penting lainnya.

12. Mengatur Widget
Atur widget atau tampilan-tampilan tambahan untuk membantu tampilan blog menjadi lebih profesional.

13. Posting
Mulailah menulis beberapa artikel dalam blog, usahakan dimulai dari halaman statis atau halaman tetap seperti misalnya halaman “About” yang berisi informasi mengenai blog yang Anda miliki, lalu mulailah menulis artikel-artikel pembuka seperti kata pengantar atau tulisan mengenai konsep blog ke depannya dan ingat tulisannya usahakan original alias tulisan sendiri.

14. Cek Ricek
Sebelum dipromosikan kepada orang lain sebaiknya blog yang sudah jadi ini dicek ricek kembali, misalnya apakah designnya sudah rapih dan valid bisa Anda cek menggunakan situs W3 Validator dan jangan lupa untuk mensubmit blog yang Anda miliki ke Google Webmaster Central agar struktur blog Anda mudah dikenali oleh mesin pencari Google. Untuk urusan search engine optimization (seo) atau agar blog Anda teroptimasi di search engine (khususnya Google) Anda bisa bisa menggunakan RankingToday.com atau SEOSiteCheckup.com.

15. Promosi
Jika struktur dan tampilan blog sudah rapih dan konten yang di dalamnya sudah cukup bisa dinikmati oleh pengunjung blog maka segeralah melakukan promosi seperti melalui Facebook, Twitter atau dengan cara bertegur sapa di halaman blog milik blogger lain, tapi ingat jangan terlalu banyak karena bisa dianggap sebagai spammer.

Ada 2 tempat promosi lokal kesukaan saya, yaitu melalui situs LintasBerita.com dan Infogue.com, masukkanlah sebagian isi tulisan dalam blog Anda di sana sehingga tulisan yang Anda tulis di dalam blog bisa dibaca oleh netter lain, namun ingat yang ditulis di sana adalah garis besarnya saja, jangan satu artikel penuh dari awal sampai akhir karena kalau semuanya sudah terbaca blog yang Anda miliki bisa-bisa tidak dikunjungi :)

16. Update Blog
Isi terus menerus blog yang Anda miliki dengan tulisan-tulisan yang menarik dan berguna sehingga pengunjung blog merasa betah berada di dalam blog Anda. Update blog secara rutin, misalnya 3 hari sekali atau sekali seminggu sehingga pengunjunjung blog mendapatkan informasi menarik dari blog yang Anda miliki.

17. Pelayanan
Usahakan menampilkan kontak yang jelas di dalam blog seperti misalnya email, Facebook, Yahoo Messenger atau bisa juga Anda menyediakan form untuk pengunjung, sehingga memudahkan para pengunjung menghubungi Anda jika ada suatu hal yang ingin ditanyakan atau dikonfirmasi. Siapa tau ada yang ingin mengajak kerjasama atau mau bagi-bagi duit? who knows? :)

18. Perluas Jaringan
Perluaslah promosi blog Anda dengan profesional misalnya dengan membuat “Fan Page” di Facebook atau membuat komunitas sendiri sehingga blog Anda semakin dikenali oleh banyak orang.

19. Perbanyak Teman
Perbanyak teman, baik secara online maupun offline sehingga bisa memudahkan Anda dalam komunikasi atau dapat membantu Anda untuk mengembangkan blog Anda ke depannya, seperti misalnya Anda mempunyai banyak kenalan blogger lain, jika suatu saat blog Anda mengalami error atau bermasalah maka Anda dapat menghubungi mereka (misalnya melalui Yahoo Messenger jika mereka sedang online dan tidak sibuk) untuk mengatasi masalah yang ada dalam blog Anda.

Mempunyai banyak kenalan online juga dapat melancarkan rezeki Anda, seperti misalnya ada harga khusus yang diberikan kepada Anda terhadap produk yang ia tawarkan :)

20. Bersyukur
Bersyukurlah kepada Tuhan YME karena masih diberi kesempatan untuk ngeblog, karena sesuai pesan yang sering kita dengar semakin kita bersyukur maka rezeki kita semakin ditambah, Amin :) Selamat Blogging!

Artikel ini di Posting : Ruly Abdillah GintingFree Widget Blog

Sholeh Binaga Terima Kasih sahabat telah membaca : 20 Tahapan Membuat Blog Silahkan membaca artikel lainnya tentang di sini free widget for blog
Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment

Followers

About