Program Perhitungan Minyak Petroleum Create your own banner at mybannermaker.com!
bisnis tiket pesawat online Peluang Bisnis Tiket Pesawat
Draft Survey Software untuk Pelaut

16 Plugin Standar Terpenting Untuk Blog Berbasis WordPress

Posted by Ruly Abdillah Ginting on Monday, November 28, 2011



free widget for blog by http://widgetfree.blogspot.com/

Dalam melakukan optimasi blog berbasis cms WordPress ada beberapa plugin standar yang dapat meningkatkan performa blog Anda menjadi lebih baik sehingga blog Anda menjadi lebih teroptimasi dan berjalan lebih maksimal.

Berikut saya berikan 16 Plugin Standar yang menurut saya meskipun hanya plugin standar dan gratisan namun fungsinya penting untuk berada di dalam blog yang Anda miliki. Plugin-plugin di bawah ini merupakan plugin yang dapat Anda dapatkan secara gratis dengan cara mendownloadnya dari dashboard blog WordPress Anda atau berkunjung ke situs resminya WordPress.

Berikut list pluginnya…

1.Akismet

Akismet merupakan plugin standar yang telah disediakan cms WordPress saat WordPress terinstall di dalam blog, Akismet merupakan plugin yang bisa dikatakan menjadi ‘ujung tombak’ para pemilik blog dalam menaggulangi (atau mengurangi) spam. Saat komentar masuk ke dalam sebuah blog yang telah terpasang plugin Akismet maka Akismet akan mengambil data dari pusat datanya dan melakukan cek ricek apakah Nama, Email, Website, Alamat IP serta Komentar (atau materi bermasis formulir lainnya seperti buku tamu dsb) yang dimasukkan apakah spammer atau bukan, dengan begitu blog Anda terlindungi dari para spammer.

2. All in One SEO Pack

Untuk keperluan SEO maka plugin ini akan membantu blog untuk meningkatkan performa seonya, dengan menggunakan plugin ini maka blog dapat dioptimasi dengan memasukkan Title Blog, Deskripsi Blog dan Halaman Artikel, Kata Kunci Blog dan Halaman Artikel serta fungsi-fungsi lainnya untuk keperluan seo sehingga blog akan lebih bagus dalam bersaing di search engine.

3. Breadcrumb NavXT

Fungsinya untuk membuat struktur navigasi di dalam sebuah blog, sehingga saat pengunjung blog berada di suatu halaman blog maka akan muncul struktur navigasi halaman yang sedang Anda kunjungi. Hal ini ini juga berguna untuk keperluan seo, sehingga crawl yang dilakukan search engine akan lebih merata.

Image source: mtekk.us.

Contoh tampilan plugin Breadcrumb-NavXT.

4. Comment Approval Notification

Plugin yang berguna untuk memberikan notifikasi (pemberitahuan) melalui email kepada netter yang komentar yang dikirimkan di blog Anda telah disetujui, dengan plugin ini maka akan dapat mengingatkan si pemberi komentar sehingga si pemberi komentar dapat mengetahui komentar yang telah dikirmkan di blog Anda telah Anda terima dan tampilkan serta si pemberi komentar akan tetap ingat terhadap blog Anda :)

5. Comment Reply Notification

Hampir sama dengan plugin Comment Approval Notification, namun plugin Comment Reply Notification akan mengirimkan pemberitahuan saat komentar yang dikirim oleh pengirim komentar dibalas (reply) oleh Anda. Install kedua plugin ini sehingga para pemberi komentar di blog Anda tetap ingat dan terhubung oleh Anda sehingga dapat meningkatkan kunjungan blog Anda.

6. Dagon Design Sitemap Generator

Kegunaannya untuk membuat halaman sitemap di dalam blog Anda sehingga di dalam blog Anda terdapat semacam daftar isi yang berguna bagi para pengunjung blog Anda untuk menemukan artikel-artikel di dalam blog Anda.

7. Delete-Revision

Plugin ini digunakan untuk menghapus postingan berstatus “revision” / postingan revisi yang berada di dalam database blog Anda, sehingga Anda dapat menghemat kapasitas ruang penyimpanan blog Anda.

8. Google XML Sitemaps

Kegunaan utama dari plugin ini adalah untuk membantu search engine dalam menemukan halaman-halaman yang terdapat di dalam blog Anda melalui halaman sitemap.xml (biasanya berkekstension xml), sehingga halaman-halaman yang akan dicrawl dan ditampilkan di search engine dapat tercrawl lebih merata, dengan begitu dapat meningkatkan serp blog Anda.

Plugin Google XML Sitemap (GXMLS) berbeda dengan dengan Dagon Design Sitemap Generator (DDSG), jika pada plugin DDSG diperuntukkan bagi user / pengunjung yang memang mencari artikel yang ingin dibaca, namun pada plugin GXMLS diperuntukkan bagi mesin pencari untuk memudahkan proses pengenalan halaman dan melakukan crawl pada pada materi-materi khususnya halaman yang berada dalam blog.

9. Hello Dolly

Menampilkan semacam lirik lagu secara acak milik Louis Armstrong (judul lagunya: Hello, Dolly!) yang biasanya ditampilkan di sisi kanan atas dashboard WordPress, plugin ini sudah sudah disediakan saat WordPress terinstall. Bagi saya plugin ini sebagai pemanis saja untuk menghilangkan stress saat masuk ke dashboard WordPress :) Sebagai informasi… lagu ini cukup populer di masanya lho… :)

10. SEO Search Terms Tagging 2

Plugin seo yang memiliki banyak sekali kegunaan, plugin ini dapat melacak kata kunci yang masuk ke dalam blog Anda dan menampilkannya baik di halaman depan blog, sidebar, footer bahkan di dalam halaman statis ataupun halaman artikel. Plugin ini dapat membantu optimasi dalam mentargetkan kata kunci yang dimaksud sehinga dapat digunakan untuk banyak kegunaan, misalnya meningkatkan keyword density, sebagai data riset kata kunci dsb.

Dalam menggunakan plugin ini saya berpesan agar digunakan semestinya, tetap fokus pada jalur white hat sehingga blog Anda akan lebih disukai oleh mesin pencari dan optimasi yang Anda lakukan dapat masksimal, bersih dan aman dari hukuman search engine.

11. SI CAPTCHA Anti-Spam

Plugin ini akan menampilkan kode yang harus dimasukkan oleh pengunjung blog yang menggunakan fasilias formulir seperti kolom komentar, login dsb sehingga dapat menangkal dan meminimalisir spamming khususnya spamming menggunakan software ydang dapat mengirimkan pesan otomatis sehingga dapat membanjiri blog Anda dengan pesan-pesan yang tidak diharapkan. Padukan plugin SI CAPTCHA Anti-Spam dengan Akismet yang dapat Anda setting di bagian setting pada plugin SI CAPTCHA Anti Spam sehingga kedua plugin ini dapat lebih ampuh dalam menangkal dan meminimalisir spamming di blog Anda.

12. Simple Tags

Kegunaan utamanya adalah memanajemen / mengatur tag yang berada di dalam blog Anda, sehingga dengan plugin ini Anda dapat diberikan arahan mengenai tag yang ingin Anda berikan pada halaman Anda, mengedit tag secara masal, mengisi tag secara otomatis dsb. Simple Tags dapat digunakan juga untuk membuat “Artiekl Terkait” atau “Postingan Terkait” alias “Related Posts” seperti yang berada di dalam blog saya ini.

13. WordPress.com Stats

Sangat berguna untuk melihat statistik blog Anda, sehingga dari sini Anda dapat mengenali kelebihan dan kekurangan blog Anda dari statistik yang ada, seperti misalnya kata kunci apa yang banyak masuk ke dalam blog Anda, artikel yang paling banyak diklik atau dibaca dsb. Untuk lebih maksimal maka pasang juga Google Analytics pada blog Anda sehingga Anda akan lebih dapat memahami statistik blog Anda.

14. WP-CMS Post Control

Fungsi utamanya adalah menyembunyikan item-item yang tidak diperlukan saat Anda sedang menulis atau mengedit artikel / postingan di dalam blog Anda. Plugin ini dapat mematikan fungsi autosave (menyimpan otomatis), revisions dan flash uploader sehingga dapat menghemat kapasitas blog Anda.

15. WP-CommentNavi

Memberikan penomoran halaman pada komentar, sangat cocok bagi blog yang memiliki banyak komentar di dalamnya sehingga dapat dibagi ke dalam beberapa halaman dan halaman tersebut dapat muncul dengan baik dan merata apabila Anda menggunakan plugin ini.

Image source: lesterchan.net.

Contoh tampilan plugin WP-CommentNavi.

16. WP-PageNavi

Kegunaan plugin WP-PageNavi hampir sama dengan plugin WP-CommentNavi, namun WP-PageNavi digunakan untuk halaman-halaman (page) yang berada di dalam blog sehingga halaman dapat tampil dengan baik dan rapi.

Dari keenam belas plugin di atas lakukanlah optimasi pada masing-masing plugin sehingga blog yang Anda miliki dapat teroptimasi lebih maksimal.

Selamat beroptimasi… :)

Artikel ini di Posting : Ruly Abdillah GintingFree Widget Blog

Sholeh Binaga Terima Kasih sahabat telah membaca : 16 Plugin Standar Terpenting Untuk Blog Berbasis WordPress Silahkan membaca artikel lainnya tentang di sini free widget for blog
Anda bisa menyebarluaskan artikel ini, Asalkan meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

{ 3 comments... read them below or add one }

Optimizer Tangerang said...

mantab,,,,

JUAL TAS LAPTOP MURAH BERHADIAH BB

http://pamulangberniaga.blogspot.com/2011/11/tas-murah-25-tangsel.html

Ruly Abdillah Ginting said...

selamat berbisnis online semoga sukses

Balqis said...

mantap gan,, sangat manfaat,, cara optimasinya bagi tips nya dunk,,,
coba web www.aqiqah.net ane disaranin biar bs tampil bagus gan,,,, nuwun.

Post a Comment

Followers

About